Sharing Business with Mr. Salman

Rabu, 16 Mei 2018 Alhamdulillah kampus kami kedatangan salah satu tamu terbaik, Mr. Salman. Beliau merupakan salah seorang Alumni Kampus Bisnis Umar Usman Batch 3. Mr. Salman berbagi pengalaman bisnisnya yang sudah ia jalani dari berbagai cara.

“Awal mula bingung mau bisnis apa, saya bisnis ganti-ganti, kalo di hitung-hitung mungkin sampai 14 kali ganti. Pertama jualan kentang, terus jualan kerang hijau. Saat itu jualan pakai cara negosiasi jualan kentang dan kerang. Lalu pernah juga mulai bisnis baru lagi, pakai google map, caranya dengan menawarkan ke perusahaan-perusahaan atau toko-toko atau siapapun yang punya bisnis tapi belum ada map nya. Dulu saya jualan ganti-ganti karena buat setor profit di kampus. Saya juga pernah jualan dengan membuat gambar-gambar Doraemon di CFD Bogor.”

Lanjut Mr. Salman, “dibilang bingung ya bingung, tapi kalau bingung ya jangan putus asa, jangan menyalahkan kampusnya, gagal itu wajar yang penting gak mudah menyerah, karena bisa jadi sukses itu sebentar lagi.”

“Saat itu kalau hari libur saya jalan-jalan ke pasar Tanah Abang, terus ke Mangga Dua dengan tujuan untuk mencari-cari supplier. Pokoknya sampai ke cipinang, tanah tinggi juga, keliling lah pokoknya. Disaat saya gak punya uang, cari┬áinvestor. Mau investor punya duit atau nggak, gak mau mikir, yang pasti dia gak serem.”

“Sampai akhirnya saya mulai jualan pakai full online. Menurut saya sebenarnya jangan hanya tergantung pada 1 toll aja kalau buat bisnis, tapi harus semua di pakai, di coba, di jalani.”

Mr. Salman juga berbagi tips-tips jualan online supaya cepat laris.

Cara menemukan barang yang cepat laku, yaitu barang import. Kalau yang di import itu biasanya kompetitornya sedikit, misalnya kacang almond import, kurma import, dll.

“Kalau bingung coba datang juga ke Cijantung, disana banyak penjual makanan murah. Intinya jalan kemana aja yang penting gerak” Lanjutnya.

Nah kalau mau main SEO, kuncinya jam kerja tambahin, jam tidur dikurangin.

Kamu selalu harus bilang gini, “ada yang lebih boncos dari saya..”

“Pas lagi masa susah pernah sampai gak bisa makan. Terus pasang iklan di OLX untuk jasa mengajar ngaji karena demi makan sehari-hari. hehe”

“Oh ya lanjut ke tips tadi, intinya proses import sebenarnya cukup mudah, dengan jasa proweder, terus bayar 3 juta, sudah beres, jadi kita gak perlu jalan. Cara mencari supplier kita tawarin, terus pas kenalan ngaku jadi mahasiswa aja, jangan kenalan kalo kita itu bisnis nanti harganya mahal. Kalo kita gak punya uang, tapi kita punya datanya, nah data itu kita jual buat cari investor. Kalau libur kuliah jalan lah, jangan di kos atau di rumah aja, hitung-hitung buat cari wawasan baru untuk bisnis.
Main barang komediti, terus pakai SEO, nanti closing nyakonteranan.”

Lanjut lagi, “kalau closing 100 ribu aja susaaah, berati ada yang salah dengan ilmu teknik closing kita. Sebenarnya yang penting kelihatan elegan dan meninggi kalau nolak, atau orderan terlalu bayak kita belum sanggup atau belum ada dananya buat cari barang. Fokus kalau main SEO, jadikan semua google milik kita, semua yang ada di halaman 1 google adalah kita,
jangan biarkan orang lain geser gambar kita dari halaman 1 google, hehe.”

“Semua bisa kamu raih asalkan ada Action”

By Mr Salman, Master Google

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

Isi Form Berikut

Untuk Terhubung dengan whatsapp Team Representatif Kami

*Data Anda terjamin privasinya