Untuk Kalian Yang Suka Bergaya Didepan Kamera, Wajib Tau Nih!

Avindo Tanzano atau yang akrab dipanggil Ino ini merupakan seorang pemuda yang bisa dibilang kreatif. Seorang fotografer dan videografer profesional asal Depok ini memiliki cita-cita yang kuat untuk menjadi seorang pengusaha. Pemuda yang pernah kuliah broadcasting di salah satu perguruan tinggi swasta di Jogja ini selalu memiliki ide ide kreatif dalam membuat sebuah konten, baik foto ataupun video.

Keinginan kuatnya untuk menjadi seorang pengusaha mengahantarkan Ino ke Kampus Bisnis Umar Usman. Sebagai mahasiswa batch 5, Ino sangat bersemangat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan di kampus. Berbekal kemampuannya di bidang foto dan video editing, Ino merintis bisnis jasa fotografi dan videografi. Bisnis jasanya ini tidak langsung berjalan mulus begitu saja. Ada kendala-kendala yang kadang ditemui Ino. Jasa foto dan videonya tidak melulu kebanjiran order. Pernah pada saat kuliah, justru bisnis jasanya tidak sampai target. Orderan kosong selama beberapa waktu. Hingga akhirnya Ino tak berdiam diri, ia lantas banting setir mencoba peruntungan dibisnis yang lain. Ia pernah berjualan keripik pisang untuk menyambung pendapatan dan target profitnya. Ino selalu memutar otak mencari bisnis apa yang bisa ia lakukan.

Berkaca diri, ternyata Ino tak hanya piawai dalam hal mengambil foto dan video, ia juga memiliki kemampuan desain grafis yang lumayan. Berkat ketekunannya ini juga, Ino menjalankan bisnis lainnya yang ia beri nama @inotebook.custom. Ia menjual berbagai bentuk book note dengan cover sesuai custom. Tak menyangka ternyata bisnis ini pun cukup banyak dilirik orang.

Selama 1 tahun kuliah di Umar Usman Ino berjuang untuk serius menjalani bisnisnya. Sampai lulus, ia fokus mengembangkan jasa foto dan videonya. Saat ini, Ino bersama 2 rekannya yang juga alumni Umar Usman sudah mulai mendapatkan hasil dari kerja kerasnya. Banyak custumer yang menggunakan jasa foto dan video Ino untuk acara-acara mereka ataupun foto produk mereka.

Ya, benar kata pepatah, sabar itu pahit, tapi hasilnya manis. Usaha itu lelah, tapi kalau lillah hasilnya akan melimpah..

“Jangan pernah berhenti berkarya, karena usia itu pasti mati, tetapi karya itu abadi”, Kata Ino.

Jangan lupa yaa di follow @inotebook.custom. Untuk kalian yang lagi butuh jasa fotografer dan videografer langsung aja follow @innotanzano ?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top